Jumat, 29 November 2013

                                                              Teks Prosedur Kompleks
                                                          Cara Pembuatan Visa Australia

            Visa adalah dokumen perizinan bagi warga negara tertentu yang ingin berkunjung atau tinggal di luar negeri untuk sementara waktu. Visa memiliki banyak jenis, mulai visa kunjungan biasa (visa tourism), visa pelajar, visa pekerja, dan lain-lain.
            Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat visa.
Pertama, datanglah ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP atau datang saja ke kantor imigrasi terdekat. Bawalah syarat-syarat pembuatan visa Australia, yaitu: paspor minimal masa berlaku 6 bulan, 2 lembar foto 4x6 berwarna dan terbaru, surat sponsor dari perusahaan tempat kerja salinan SIUP dan NPWP, untuk anak yang masuh bersekolah, minta surat keterangan dari sekolah atau salinan kartu pelajar yang masih berlaku, bukti keuangan terakhir dari yang bersangkutan, kecuali dalam rangka bisnis dapat melampirkan bikti keuangan perusahaan, salinan kartu keluarga dan salinan akte nikah, bila ada anak atau saudara yang dikunjungi di Australia harus melampirkan salinan surat-surat yang menunjukkan bukti hubungan yang jelas, dan pemohon yang berumur 70 tahun keatas (dihitung berdasarkan tahun lahir) diperlukan asuransi perjalanan dan surat keterangan sehat dari dokter yang ditunjuk oleh kedutaan, surat dokter harus dikirim oleh dokter sendiri.
              Kedua, beli formulir permohonan. Formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan. Isi formulir dengan lengkap sesuai dengan dokumen yang anda miliki, dan bawalah dokumen yang asli. Ketiga, serahkan formulir yang sudah diisi ke loket pendaftaran. Keempat, ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari dan jadwal foto bisa datang pada hari berikutnya jika nomor antrian anda masih lama. Kelima, apabila anda sudah foto dan mengambil sidik jari, maka anda akan sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli. Keenam, bayarlah buku visa dan tandatangani buku visa tersebut, serta minta jadwal pengambilan buku visa yang sudah selesai. Pada tanggal yang ditentukan, datanglah ke kantor imigrasi untuk mengambil buku visa yang sudah jadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar