Jumat, 29 November 2013

                                                                 Teks Observasi
                                                           Paus Biru 


Paus biru adalah mamalia laut yang tergolong dalam subordo paus balin. Paus biru berkembang biak dengan melahirkan. Panjang paus biru mencapai lebih dari 33 meter dan massanya tercatat sebesar 181 ton atau lebih. Binatang ini diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah diketahui.
Paus yang panjang dan ramping ini memiliki bagian belakang berwarna abu-abu kebiruan dan bagian depan yang lebih terang. Seperti paus balin lainnya, makanan pokok paus biru adalah crustacea kecil yang disebut krill. Meskipun paus biru hidup di air, paus biru bernafas menggunakan paru-paru. Setelah beberapa saat dibawah air, paus biru muncul ke permukaan untuk mengambil nafas.
Paus biru sangat berlimpah di hampir seluruh samudra hingga awal abad ke-20. Selama lebih dari dari satu abad, paus ini diburu sampai hampir punah sebelum akhirnya dilindungi oleh komunitas internasional pada tahun 1966. Menurut sebuah laporan pada tahun 2002, terdapat sekitar 5000 sampai 12000 paus biru di seluruh dunia yang terbagi dalam sedikitnya lima kelompok, yang diantaranya berada di Samudra Pasifik Utara bagian timur, Antartika, dan Samudra Hindia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar